Header Ads

Breaking News
recent

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Hidung tersumbat bisa sangat menjengkelkan. Selain terasa tidak nyaman, hidung tersumbat juga bikin kita kesulitan bernapas. Akibatnya, kita sering merasa pusing dan tidak fit. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akibat adanya cairan berlebih. Kondisi ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus. Beberapa kondisi yang mungkin bisa membuat hidung Anda tersumbat, antara lain pilek, flu, alergi, dan sinusitis. Nah, berikut adalah beberapa cara alami untuk melegakan hidung tersumbat, Yuk simak bersama!


1. Pertimbangkan membuang ingus 
Meski orang-orang yang terserang flu sering berbeda pendapat tentang seberapa efektifnya membuang ingus, tampaknya tindakan ini tetap harus dilakukan secara terus-menerus. Namun sesungguhnya, apakah hal tersebut benar-benar bisa melegakan hidung tersumbat dan menyingkirkan lendir? Apa yang dikatakan oleh ilmu pengetahuan tentang klaim tersebut? Mari kita lihat bersama.
Sebuah penelitian di University of Virginia meneliti masalah tersebut dengan meneteskan pewarna ke dalam rongga hidung subyek yang tersumbat dan meminta mereka untuk membuang ingus, sambil memberi mereka CT scan. Para ilmuwan menemukan bahwa kegiatan membuang ingus menyebabkan tekanan yang signifikan pada sinus, sehingga lendir akan selalu kembali ke dalam sinus.[1] Mungkin rasanya nyaman, tetapi membuang ingus dengan cara tradisional ternyata memperparah kondisi.
Para ilmuwan menyarankan untuk membuang ingus dari satu lubang hidung pada satu waktu, yang disertai dengan pemberian dekongestan dalam dosis yang ditentukan.

2. Air 
Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Hal ini secara tidak langsung dapat meringankan saluran hidung yang teriritasi dan mencegah penyumbatan sinus. Anda bisa minum air hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan melegakan hidung tersumbat.

3. Tetaplah menghadap ke atas dan ganjal kepala agar mengarah ke atas ketika Anda tidur
Hidung mampet yang disebabkan oleh vasomotor rhinitis dapat berpindah ke salah satu bagian dari rongga hidung ketika Anda berbaring di salah satu sisi tubuh Anda, yang memperparah hidung tersumbat.[3] Ganjal kepala Anda dengan beberapa bantal jika Anda berbaring dan cobalah untuk tidur telentang, jika memungkinkan.

4. Menghirup uap hangat.
Masukkan air ke panci, lalu masak hingga mendidih. Angkat dan kemudian hirup secara perlahan-lahan uap hangat yang dihasilkan dari air mendidih itu. Tapi hati-hati saat mempraktikkan hal ini karena uap tersebut bisa membuat hidung Anda melepuh. Selain cara tersebut, Anda juga bisa menikmati uap hangat saat mandi air hangat. Tidak hanya melegakan hidung tersumbat, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh Anda rileks.

5. Konsumsi minuman panas.
Minuman panas bisa meredakan hidung tersumbat, menenangkan selaput yang meradang serta mencegah dehidrasi. Minuman panas yang bisa Anda coba adalah teh herba yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu. Langkah ini sangat membantu pada saat Anda kesulitan bernapas ketika tidur di malam hari.

6. Pertimbangkan pola makan Anda. 
Jika Anda ingin tetap aman, hindari susu. Ini mungkin hanya mitos, tetapi para dokter sedang menyelidiki kemungkinan bahwa orang-orang tertentu lebih banyak mengalami hidung tersumbat ketika mereka minum susu. Dokter berhipotesis bahwa protein beta-CM-7 di dalam susu dapat menghasilkan dahak, terutama pada orang yang memiliki riwayat penyakit paru-paru.[9] Untuk saat ini, datanya masih spekulatif. Jika Anda ingin aman, hindari susu dan produk olahan susu lainnya.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

  • Pastikan Anda minum banyak cairan, terutama air putih atau jus.
  • Gunakan kehangatan. Misalnya, mandilah dengan air hangat sebelum Anda tidur, tempelkan handuk hangat pada hidung Anda, tempelkan penyeka wajah yang panas pada wajah Anda dan biarkan menempel di sana selama 10-20 detik tetapi bernapaslah jika diperlukan. Ini akan mengendurkan lendir dan membantu Anda untuk meniupnya dengan lebih mudah.
  • Angkat kepala. Misalnya, tidurlah dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi; ini dapat membantu untuk melepaskan lendir. Tinggikan kepala Anda, tempelkan handuk hangat pada hidung selama 5-10 menit. Ulangi jika perlu. Tidurlah dengan telentang.
  • Beberapa orang merasa terbantu dengan menggulung sepotong tisu dan merendamnya dalam larutan air garam (atau air saja) dan menempatkan gulungan tersebut ke dalam lubang hidung yang tersumbat.
  • Ambil handuk kecil yang telah dibasahi dengan air hangat dan letakkan di atas hidung Anda. Lalu, minum sedikit teh dan cobalah beristirahat sambil mengganjal kepala Anda.
  • Jika hidung Anda tersumbat setidaknya selama satu minggu, pertimbangkan untuk mengunjungi dokter karena hal ini bisa saja menjadi tanda adanya infeksi pada hidung Anda.
  • Saat Anda meniup hidung, tutupi lubang hidung satunya dan tiup keras-keras pada lubang hidung yang terbuka.
  • Cobalah menjauhi produk-produk olahan susu, karena beberapa orang tertentu mungkin mengalami kondisi hidung tersumbat yang lebih parah saat meminum/memakan produk-produk ini.

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, seperti decongestant, antihistamine, acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen sodium. Atau bisa juga mengonsumsi obat herba yang mengandung zinc, echinacea, dan vitamin C. Sebelum mengonsumsi, baca aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.
Jika selama 10 hari Anda masih mengalami hidung tersumbat yang diiringi demam tinggi, terdapat darah pada ingus, atau ingus berubah warna menjadi hijau, segera temui dokter.

No comments:

Powered by Blogger.