Header Ads

Breaking News
recent

Cara Memutihkan Kulit Yang Terkena Sinar Matahari

Paparan  sinar matahari akan menjadi masalah pada kulit kita jika kita terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung karena akan menyebabkan perubahan pada warna kulit tidak merata, muka belang, garis, keriput dan kemerahan sehingga kulit akan nampak lebih tua. Sinar matahari memang punya efek buruk terhadap kecantikan kulit kita, terutama paparan sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 16 sore.


Jika kulit kita sering terkena paparan sinar UV / ultraviolet secara langsung akibatnya yaitu kulit kita menjadi memiliki warna lebih gelap dan sedikit memerah atau dalam istilah lain di sebut sunburn, masalah seperti ini memang biasanya tidak di rasakan secara langsung, namun baru terasa perubahannya setelah beberapah waktu kemudian. Bagi anda yang mengalami masalah kulit seperti ini, maka tidak perlu kawatir pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini adalah tips cara memutihkan kulit yang terkena sinar matahari :

Tips Mengatasi Kulit Gelap Akibat Sinar Matahari
  • Kenakan Pakaian Yang panjang 
Usahakan selalu mengunakan pakaian yang panjang di setiap kali melakukan aktivitas diluar rumah. Namun, jangan lupa untuk menjaga style pakaian panjang kalian agar tetap enak dipandang mata. Pakailah kemeja wanita dengan jeans panjang jika kalian keluar rumah untuk berbelanja.
  • Batasi Beraktivitas Diluar Rumah 
Batasi beraktivitas diluar ruangan diatas pukul 09.00 Agar kulit kalian terhindar dari sengatan sinar matahari jahat, sebaiknya kalian membatasi aktivitas yang dilakukan diluar rumah. Bangunlah pagi-pagi untuk melakukan aktivitas yang dilakukan diluar rumah. Kalau memang sudah sangat terpaksa, kalian bisa mengenakan jaket saat keluar rumah. Dengan begitu, sinar matahari tidak bisa langsung mengenai kulit.
  • Pakai Sarung Tangan 
Jika kalian hanya mengenakan pakaian panjang, pergelangan tangan akan menjadi belang karena tersengat sinar matahari saat dalam perjalanan. Biasanya, hal ini sering terjadi pada pengendara motor. Untuk itu, jangan lupa mengenakan sarung tangan saat kalian melakukan perjalanan pada jam diatas pukul 09.00.
  • Pakai Kacamata
Memakai kacamata akan menghindarkan sinar matahari mengenai area wajah anda secara langsung. Kacamata yang baik digunakan untuk menghindari sinar matahari adalah kacamata berlensa hitam. Kaca mata hitam juga sangat bermanfaat untuk menjaga mata dari silaunya sinar matahari.

  • Memakai Takbir Surya (suns block)
Oleskan tabir surya SPF 30 untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari jahat. Oleskan setiap 2 jam sekali jika kalian menginginkan hasil yang memuaskan. Sangat dianjurkan memakai tabir surya saat berpergian di siang hari, agar kulit yang terkena sinar UV tidak terbakar dan membuat kulit menjadi gelap dan hitam.
  • Menggunakan Mentimun
Buah mentimun mengandung berbagai macam vitamain, zat antioksidan dan mineral yang bisa bermanfaat unuk mencerahkan kulit, selain itu sifat dingin buah ini dapat mengurangi rasa perih akibat sengatan sinar matahari. Cara perawatannya juga sangat mudah, ambil satu buah mentimun segar, kemudian cuci bersih dan haluskan dengan menggunakan blender. Oleskan mentimun yang telah di haluskan pada permukaan kulit yang memerah / gelap, biarkan sampai cairan mentimun mengering, setelah itu bilas dengan air bersih.

  • Menggunakan Yogurt

Kita bisa memanfaatkan Yogurt tanpa perasa untuk mengatasi kulit yang gelap dan memerah akibat sinar UV, cara perawatannya sangat sederhana, ambil satu sendok makan yogurt kemudian oleskan deangan menggunakan jari kita pada permukaan kulit yang mengalami masalah, diamkan selama beberapah menit, setelah itu bilas kulit kita dengan air bersih.

Nah itu sedikit tips dan cara memutihkan kulit yang belang karena sinar matahari secara alami. Sebenarnya kulit yang belang ini bisa kembali dengan sendirinya ke warna asalnya tanpa melakukan perawatan apapun, tetapi membutuhkan waktu yang lumayan lama.


No comments:

Powered by Blogger.